Puasa Ibu Hamil 6 Bulan



Bolehkah Seks Oral Saat Hamil Halaman All Kompas Com

Ibu Hamil 6 Bulan, Boleh Puasa Ramadan Nggak?

Menjelang puasa Ramadan, ibu hamil pastinya banyak yang galau nih. Sebenernya ibu hamil boleh puasa nggak sih? Apakah akan ada pengaruhnya ke perkembangan janin dan lain sebagainya. Saya mau share nih Moms pengalaman hamil saat bulan Ramadan pada kehamilan pertama dan kehamilan kedua. Siapa tahu, Moms yang sedang galau bisa sedikit terbantu.

Kehamilan pertama Arthur dulu, usia kehamilan saya masih 6 weeks. Saya juga baru periksa saat telat 20 hari (ini jangan ditiru ya). Saat pertama kali periksa ke dokter kandungan tercinta dr Halida Nelasari SpOG di Persada Hospital Malang, beliau menyarankan untuk tidak puasa terlebih dahulu. Soalnya, saat trimester 1 janin sedang membutuhkan banyak nutrisi untuk berkembang.

Saat saya tahu kalau hamil, saya sudah menjalani 3 minggu puasa Ramadan. Kurang seminggu lagi nih, lanjut nggak ya? Karena saya nggak pernah mengalami keluhan seperti pusing, mual, berdebar, haus tak tertahankan dll selama puasa, akhirnya lanjut terus full sebulan. Pas puasa nggak mual muntah? Iya sih, tapi ketika saat sahur dan setelah berbuka aja. Itu pun nggak parah, hanya mual biasa aja. Ajaibnya seharian sambil kerja nggak pernah ngerasa begitu *Arthur anak baik.

Kehamilan kedua ini saya sedang hamil 6 bulan. Berbeda dengan kehamilan pertama yang baru 6 weeks dan belum terlalu banyak makan. Kali ini saya galau sih, mau ikutan puasa Ramadan atau enggak. Saya dan suami memutuskan untuk periksa kehamilan dulu. Daaan, hasilnya:

dr Halida Nelasari SpOG memperbolehkan saya untuk mencoba berpuasa. Bisa seling-seling dulu, sehari puasa, sehari tidak. Ibu hamil 6 bulan ternyata boleh mencoba berpuasa. Asalkan, kondisi ibu dan baby benar-benar sehat, berat baby cukup dan pastinya kebutuhan nutrisi tetap dijaga.

Dalam kasus saya sekarang yang sedang hamil 6 bulan, berat badan si Little Muffin alhamdulilah sesuai yakni 600gram. Sayangnya, dari seminggu yang lalu saya punya keluhan kram dan sakit di perut bagian bawah. Diagnosis SpOG, terlalu lelah dan kurang minum air putih. Jadi, ini semacam gejala paling awal infeksi saluran kemih. Tapi, semuanya baik-baik aja kok. Memang butuh istirahat dan konsumsi air putih yang banyak *glek glek glek

Usia kehamilan yang semakin membesar ini, saya juga ngerasa bergantung banget dengan air putih. Bahkan, mau belanja ke supermarket yang kurang dari 30 menit aja juga harus bawa botol minum. Bawaan hail tiap orang beda ye, Moms. Kalau saya orangnya gampang haus, telat minum bisa bikin ngliyeng dan gemetaran. Biarpun udah minum air putih terus, ternyata kebutuhan air putih tubuh saya dan baby masih kurang aja.

Dengan berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak berpuasa tahun ini. Saya sendiri ragu bisa bertahan lebih dari 13 jam tanpa air putih. Kehamilan kedua juga menatang banget, karena saya juga masih harus fokus dengan pertumbuhan Arthur. Hamil 6 bulan, gendong anak 12 kg itu nikmaaaat banget. Saya juga masih kerja kantoran seperti biasa, ngantor hari Sabtu sendiri naik motor, nulis-nulis di luar kantor dan mikirin blog ini. HAHA.

Buat Moms yang sedang bingung mau puasa atau enggak saat bulan Ramadan, sebaiknya konsul dulu ke SpOG. Lalu, pertimbangkan juga dengan suami dan tanyakan ke diri sendiri berulang kali (jika memang ada keluhan saat kehamilan). Bagi yang sudah memutuskan untuk puasa, semangaaaaat ya Moms! Yuk jaga BB baby dan nutrisinya tetap terjaga dengan baik.

Eits, kalau masih ada yang ragu. Coba aja deh puasa dulu sekuat-kuatnya. Kalau tiba-tiba tengah hari merasa pusing, kehilangan kesadaran, gemetaran atau indikasi lainnya bisa segera mencari pertolongan. Yang terpentiiiiiiing, jaga kesehatan selalu ya, Moms.

With Love,

Ay.

Gallery Puasa Ibu Hamil 6 Bulan

2 Hal Berikut Ini Harus Moms Waspadai Di Usia Kehamilan 6

Hukum Puasa Untuk Ibu Hamil Di Bulan Ramadhan Tuntunan Shalat

Bolehkah Ibu Hamil 6 Bulan Olahraga Dan Puasa Di Bulan

Begini Solusi Puasa Untuk Ibu Hamil 1 9 Bulan Menurut Islam

Puasa Ibu Hamil 6 Bulan Cbr1m

Hukum Puasa Bagi Perempuan Hamil Atau Menyusui Di Bulan

Ibu Hamil Segera Ke Dokter Ya Jika Mengalami 6 Gejala Ini

Dalam Kondisi Ini Ibu Hamil Tidak Boleh Puasa

Inilah Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Youtube

8 Gerakan Senam Ibu Hamil Untuk Memperlancar Persalinan

6 Bahaya Bila Ibu Hamil Kelelahan Health Liputan6 Com

Hamil 6 Bulan Bentuk Perut Cewek Cantik Ini Bikin Syok

6 Tips Cerdas Berbuka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Si Janin

Perjuangan Mulia Ibu Hamil Saat Ramadan

Ibu Hamil Berpuasa Benarkah Berisiko Janin Jadi Kecil

Bagaimana Puasanya Wanita Hamil Dan Menyusui Penjelasan Dr

Lima Gerakan Senam Yang Aman Untuk Ibu Hamil Blog Tempo Co

Usia Kehamilan 7 Bulan Baca Doa Ini Ramadan Liputan6 Com

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa Cek Penjelasannya Dokter Sehat

Ibu Menyusui Puasa Ramadhan Diperbolehkan Ikuti Aturan

Puasa Ramadhan Bagi Wanita Hamil Dan Menyusui Republika Online

Penting Ini 11 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Yang Aman Dan Nyaman

Manfaat Gerakan Shalat Bagi Ibu Hamil Kompasiana Com

Menyusui Ketika Hamil Bahayakah Syariat Dan Medis

Ibu Hamil 1 Bulan Boleh Puasa Senin Kamis Atau Tidak Ini

Lima Gerakan Senam Yang Aman Untuk Ibu Hamil Blog Tempo Co

Puasa Ibu Hamil 6 Bulan Jangan Sampai Kekurangan Nutrisi

Puasa Ketika Hamil Amankah Halaman All Kompasiana Com

Aturan Puasa Saat Hamil Agar Tetap Sehat Dan Aman


Belum ada Komentar untuk "Puasa Ibu Hamil 6 Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel